Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Cara Mudah Menghilangkan Kandungan Formalin, Borax di Makanan Sebelum di Masak

Cara menghilangkan kandungan formalin pada makanan yang kemungkinan mengandung formalin. Dengan cara melakukan deformalinisasi alias menghilangkan kandungan formalin dengan cara mudah dan murah. Sehingga akan mengurangi resiko memakan makanan berformalin
lelawati pasma keru
formalin merupakan cairan tidak berwarna yang digunakan sebagai desinfektan, pembasmi serangga, dan pengawet yang digunakan dalam industri tekstil dan kayu. Formalin memiliki bau yang sangat menyengat, dan mudah larut dalam air maupun alkohol. Beberapa pengaruh formalin terhadap kesehatan adalah sebagai berikut.
a. Jika terhirup akan menyebabkan rasa terbakar pada hidung dan tenggorokan , sukar bernafas , nafas pendek, sakit kepala, dan dapat menyebabkan kanker paru-paru.
b. Jika terkena kulit akan menyebabkan kemerahan pada kulit, gatal, dan kulit terbakar
c. Jika terkena mata akan menyebabkan mata memerah, gatal, berair, kerusakan mata, pandangan kabur, bahkan kebutaan
d. Jika tertelan akan menyebabkan mual, muntah-muntah, perut terasa perih, diare, sakit kepala, pusing, gangguan jantung, kerusakan hati, kerusakan saraf, kulit membiru, hilangnya pandangan, kejang, bahkan koma dan kematian.
  Boraks merupakan garam natrium yang banyak digunakan di berbagai industri nonpangan, khususnya industri kertas, gelas, pengawet kayu, dan keramik. Boraks biasa berupa serbuk kristal putih, tidak berbau, mudah larut dalam air, tetapi borakstidak dapat larut dalam alkohol. Boraks biasa digunakan sebagai pengawet dan antiseptic kayu. Daya pengawet yang kuat dari boraks berasal dari kandungan asam borat didalamnya.

Asam borat sering digunakan dalam dunia pengobatan dan kosmetika. Misalnya, larutan asam borat dalam air digunakan sebagai obat cuci mata dan dikenal sebagai boorwater. Asam borat juga digunakan sebagai obat kumur, semprot hidung, dan salep luka kecil. Namun, bahan ini tidak boleh diminum atau digunakan pada luka luas, karena beracun ketika terserap masuk dalam tubuh. Berikut beberapa pengaruh boraks pada kesehatan.

a. Tanda dan gejala akut :
Muntah-muntah, diare, konvulsi dan depresi SSP(Susunan Syaraf Pusat)

b. Tanda dan gejala kronis
- Nafsu makan menurun
- Gangguan pencernaan
- Gangguan SSP : bingung dan bodoh
- Anemia, rambut rontok dan kanker.
Boraks dan formalin akan berguna dengan positif bila memang digunakan sesuai dengan seharusnya, tetapi kedua bahan itu tidak boleh dijadikan sebagai pengawet makanan karena bahan-bahan tersebut sangat berbahaya, seperti telah diuraikan diatas pengaruhnya terhadap kesehatan. Walaupun begitu, karena ingin mencari keuntungan sebanyak-banyaknya, banyak produsen makanan yang tetap menggunakan kedua bahan ini dan tidak memperhitungkan bahayanya.. Beberapa contoh makanan yang dalam pembuatannya sering menggunakan boraks dan formalin adalah bakso, ikan, tahu,dan mie,.Formalin dan boraks merupakan bahan tambahan yang sangat berbahaya bagi manusia karena merupakan racun. Bila terkonsumsi dalam konsentrasi tinggi racunnya akan mempengaruhi kerja syaraf. Secara awam kita tidak dapat mengetahui seberapa besar kadar konsentrat formalin dan boraks yang digunakan dalam suatu makanan. lebih baik hindari makanan yang mengandung formalin.

Cara Menghilangkan Kandungan Formalin pada Makanan
Walaupun begitu ada cara menghilangkan formalin pada makanan sebelum dimasak. Sehingga kandungan formalin akan berkurang bahkan hilang. Cara yang bisa anda tempuh juga cukup sederhana dan mudah dilakukan.
menghilangkan-formalin-pada-tahu
lelawati pasma keru
Tahu Putih
Agar anda terhindar dari mengkonsumsi tahu berformalin maka cara ini bisa meminimalisir hal itu. Anda bisa merendam dengan air biasa, merebusnya dengan air panas sebelum digoreng. Cara ini paling efektif untuk treatment tahu dan sangat di anjurkan.

Bahkan menurut penelitian seorang dosen di sebuah universitas, ia berpendapat bahwa untuk mengurangi kandungan formalin pada makanan sebelum di olah hanya cukup merendamnya saja dengan air (dengan konsentrasi 55%). Karena menurutnya formalin ini memiliki karakter yang mudah larut.
menghilangkan-formalin-pada-mie


Menghilangkan Kandungan Formalin pada Ikan Asin, Daging

lelawati pasma keru
ikan asin epedah putih
Jika anda merasa tidak yakin ikan yang anda beli bebas formalin dan ingin menghilangkannya, maka anda bisa melakukan perendaman pada tiga jenis treatment merendam yaitu dengan Air, Air Garam, Air Leri (air bekas cucian beras).

    Melakukan perendaman dengan air dalam waktu 60 menit akan menghilangkan 61,25% kandungan formalin. Sedangkan merendam dengan air bekas cucian beras (leri) bisa menghilangkan kadar formalin mencapai 66,03%. Apabila anda merendam dengan air garam akan menghilangkan sebanyak 89,53%.

menghilangkan-formalin-pada-mie
lelawati pasma keru
perbedaan warna mie pakai bahan pengawet dengan yang tidak
Bagi anda yang suka membeli mie basah dan sejenisnya agar terhindar dari kandungan fromalin bisa mencoba cara ini. Anda bisa merendam Mie tersebut dalam air mendidih selama 30 menit. Cara ini akan mampu menghilangkan kandungan formalin mencapai 100%
Walaupun hasinya tidak 100% hilang, ini lebih baik daripada tidak sama sekali.
Menghilangkan Kadar Formalin pada Mie (mie basah/mie ayam/dll)

Selain itu ternyata formalin ini memiliki titik didih yang rendah. Artinya dalam keadaan panas zat ini akan mudah menguap. Misalnya saja di goreng maupun direbus.  Demikian pembahasan tentang cara menghilangkan kandungan formalin pada makanan saat mentah.

3 comments for "3 Cara Mudah Menghilangkan Kandungan Formalin, Borax di Makanan Sebelum di Masak"

  1. Untuk ikan basah dan daging ayam mengapa tidak ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk ikan basah dan daging rebus terlebih dahulu kemudian buang air rebusan baru dimasak ulang.

      Delete
  2. Untuk ikan basah dan daging rebus terlebih dahulu kemudian buang air rebusan baru dimasak ulang.

    ReplyDelete

Ayo tinggalkan Pesan anda